sejarah

By #adminweb 07 Apr 2014, 13:10:57 WIB

 

SEJARAH SMK INFOKOM BOGOR

 

Yayasan Telekomunikasi Nasional terletak di dua lokasi yang berbeda, yaitu:

 

Lokasi 1

Alamat                         : Jalan RE. Abdullah Nomor 15, Gunung Batu, Bogor

Luas lahan                  : 800 m2

Satuan Pendidikan      : SMP INFOKOM Bogor

 

Lokasi 2

Alamat                         : Jalan Letjen Ibrahim Adjie Nomor 178, Sindang Barang, Bogor

Luas lahan                  : 2.600 m2

Satuan Pendidikan      : SMK INFOKOM Bogor

 

Berdasarkan Akte Pendirian Nomor: 137 dari Akte Notaris Rinasari Dwi Juli, SH. pada tanggal 10 Juni 2010, Yayasan Telekomunikasi Nasional didirikan dengan nama Yayasan Telekomunikasi Nasional oleh para pendirinya yaitu: Ir. Gun Gun Gunawan, M.Si., Ir. Aan Chandra, Wieke Erwina, M.Si., Moelyati Effendi, MS., Dra. Moerfiah, MS., Dedi Kusdinar SH, MM., Diawal berdirinya Yayasan Telekomunikasi Nasional atau disingkat Yatelnas, yang pertama kali dirintis adalah pembangunan lembaga pendidikan setara perguruan tinggi ”Akademi Telekomunikasi Nasional”, yang beroperasi sejak tahun 2003 hingga Tahun 2014, kemudian lembaga perguruan tinggi ”Akademi Telekomunikasi Nasional” tersebut dipindah alihkan kepengurusannya kepada Yayasan Ganesha Bandung yang saat ini menempati lokasi di Jalan Merdeka Nomor 78 Bogor.

 

Pada tahun 2005 Yayasan Telekomunikasi Nasional mendirikan Lembaga Pendidikan Menengah Kejuruan (SMK) Informatika dan Telekomunikasi atau disebut sebagai SMK INFOKOM Bogor, didirikan pada tanggal 10 Mei 2005 dan mendapatkan Izin Operasional dari Dinas Pendidikan Kota Bogor dengan nomor: 421/.5/86 DISDIK Tahun 2005, tanggal 18 Juli 2005 adapun hal lain sebagi bukti eksistensi pada bidang pengembangan mutu Pendidikan di lingkungan Menengah Kejuruan, SMK INFOKOM Bogor dibawah naungan Yayasan Telekomunikasi Nasional sudah memiliki 4 (empat) Kompetensi Keahlian diantaranya:

    1. Teknik Komputer Jaringan (TKJ)
    2. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
    3. Multimedia (MM)
    4. Produksi Siaran Program Televisi (PSPT)

yang seluruh kompetensinya telah terakreditasi “A” oleh Badan Akreditasi Provinsi Jawa Barat.

 

Adapun torehan prestasi yang sangat membanggakan adalah ditunjuknya SMK INFOKOM Bogor oleh Kementerian Pendidikan Nasional melalui Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (DITPSMK) sebagai sekolah Rintisan yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Tahun Pelajaran 2014/2015 hingga sekarang. Kemudian ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan Nasional melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat sebagai salah satu rintisan SMK di kota Bogor yang melaksanakan Model Kurikulum Pembelajaran ”Kurikulum 2013” pada Tahun Pelajaran 2013/2014 hingga sekarang dan juga sebagai salah satu Proyek SMK Rujukan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional melalui Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (DITPSMK) pada Tahun Pelajaran 2015/2016.

 

Kemudian dalam rangka penyesuaian atas tuntutan perundang-undangan tentang penyelenggaraan Yayasan, maka Yayasan Telekomunikasi Nasional berdasarkan Akte Pendirian Nomor: 137 dari Akte Notaris Rinasari Dwi Juli, SH. pada tanggal 10 Juni 2010, telah disahkan oleh kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum nomor AHU-84.AH.01.04 Tahun 2011 Tentang Pengesahan Akta Pendirian Yayasan Telekomunikasi Nasional. Yayasan Telekomunikasi Nasional secara simultan, pelan tapi pasti mewujudkan semua komitmen yang telah diputuskan tersebut. Perubahan paling mendasar yang akan dilakukan adalah merubah karakteristik dari lembaga yaitu dari lembaga nirlaba mutual (yaitu lembaga yang dikelola oleh para anggotanya yang notabene adalah pemakai jasa dari lembaga) menjadi lembaga nirlaba entreprenurial yaitu lembaga yang dikelola oleh orang-orang profesional yang memang digaji untuk mengelolanya.